286: PENGARUH PENGALAMAN KERJA DAN KEPRIBADIAN EKSTROVERT TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADAPT. CATUR MITRA SEJATI SENTOSA BANDA ACEH

Cover Jurnal Mudira Indure

PEMBUATAN ENSIKLOPEDIA WARISAN BUDAYA INDONESIA BERBASIS VPS CLOUD

Mardhiatul Husna,ST.,M.Cs NIDN. 0002128104
Staf Pengajar Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Medan

 

ABSTRAK

Masalah warisan budaya (cultural heritage) belakangan ini semakin mendapat perhatian baik oleh pemerintah, akademisi, maupun kalangan organisasi nonpemerintah. Perhatian terhadap masalah warisan budaya juga dilakukan dunia internasional, seperti badan dunia PBB UNESCO dan beberapa NGO internasional seperti World Monuments Fund, ICOMOS, dan New7Wonder yang berkomitmen bagi penyelamatan terhadap warisan budaya (cultural heritage) dan warisan alam, (naturalheritage).

Mengacu dari Piagam Pelestarian Pusaka Indonesia tahun 2003 dinyatakan bahwa cultural heritage secara definisi diartikan sebagai hasil cipta, rasa, karsa dan karya yang istimewa dari lebih 500 suku bangsa di tanah air Indonesia, secara sendirisendiri sebagai kesatuan bangsa Indonesia dan dalam interaksinya dengan budaya lain sepanjang sejarah keberadaannya.

Ironisnya ancaman terhadap keberadaan warisan budaya semakin hari semakin mengkhawatirkan. Pembangunan dan modernisasi adalah salah satu penyebab terancamnya eksistensi warisan budaya. Paradigma pembangunan yang pro kapital dan berorientasi ekonomi telah menempatkan aspek budaya pada posisi yang marjinal. Bahkan atas nama pembangunan proses penghancuran warisan budaya fisik berlangsung secara sistematis, utamanya di kawasan perkotaan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan dan mendigitalkan warisan budaya Indonesia dalam sebuah ensiklopedia berbasis VPS Cloud yang bertujuan untuk melestarikan warisan budaya secara digital agar tidak cepat hilang dan dapat membangun kesadaran masyarakat untuk dapat melestarikan warisan budaya yang ada.

Kata Kunci : ensiklopedia,warisan budaya, digitalisasi, Indonesia, VPS Cloud

1. Mardhiatul Husna,ST

Bagikan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*