371: PENGARUH KNALPOT STANDART MODIFIKASI FREE FLOW DENGAN KNALPOT R9 TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA KENDARAAN RODA DUA 150 CC

Cover Jurnal Mudira Indure

PENGARUH KNALPOT STANDART MODIFIKASI FREE FLOW DENGAN KNALPOT R9 TERHADAP KONSUMSI BAHAN
BAKAR PADA KENDARAAN RODA DUA 150 CC

 

Oleh : Rudi Adolf Hotman Sihombing, M.T
Dosen tetap STT Immanuel Medan

ABSTRAK

Pemakaian bahan bakar yang secara terus menerus dan peningkatan jumlah kendaraan pada roda dua menjadi salah satu penyebab kelangkaan bahan bakar minyak di Indonesia. Penggunaan knalpot yang sesuai juga merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan  tidak efektifnya konsumsi bahan bakar, sehingga penting dilauan penelitian terhadap hal ini.

Pengujian ini dilakukan pada knalpot jenis standart dan knalpot cross flow R 9, dengan menggunakan bahan bakar Premium RON 88 pada putaran 3000 rpm Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada penurunan konsumsi bahan bakar yang menggunakan knalpot standart modifikasi free flow pada putaran 3000 rpm sebesar 85,33 ml (2)Ada peningkatan konsumsi bahan bakar yang menggunakan knalpot R9 pada putaran 3000 rpm sebesar 93 ml. Berdasarkan data tersebut, dapat menjadi masukan bagi para pemilik kendaraan roda dua dalam penghematan konsumsi bahan bakar. Bahwa knalpot standart modifikasi free flow lebih hemat pemakaian bahan bakarnya bila dibandingkan dengan  knalpot R9.

DUNIA ILMU 2016

Bagikan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*