367: PENGARUH BERAT DAN KECEPATAN KENDARAAN TERHADAP JARAK PENGEREMAN

Cover Jurnal Mudira Indure

PENGARUH BERAT DAN KECEPATAN KENDARAAN TERHADAP JARAK PENGEREMAN

Oleh :

Ir. Resep Sembiring,MT
Dosen Sekolah Tinggi Teknologi Immanuel – Medan

 ABSTRAK

Sepeda motor memiliki peminat yang banyak. Sistem rem kendaraan ini hanya menggunakan sistem konvensional. Sistem rem merupakan bagian yang penting dalam keselamatan dan stabilitas kendaraan. Dalam penelitian ini, dilakukan analisa sistem rem secara kemampuan, kebutuhan dan eksperimen.

Beberapa analisa dilakukan untuk menghitung distribusi pengereman (Kbf ), jarak pengereman minimum,dan kestabilan arah kendaraan (oversteer,understeer). Metode yang digunakan  dengan membuat variasi kecepatan, dan pertambahan bebanmuatan.

Dari hasil analisa dan eksperimen disimpulkan distribusi gaya rem secara kemampuan sistem adalah Kbf = 0,388 dan Kbr = 0,613, secara kebutuhan sistem dengan penumpang satu orang (168 kg) adalah Kbf= 0,489 dan Kbr = 0,512,  penumpang dua orang (238 kg) adalahKbf  = 0,483 dan Kbr = 0,517.  Hasil eksperimen jarak pengereman minimum cukup aman, tetapi arah stabilitas secara kemampuan sistem adalah oversteer, demikian juga  secara kebutuhan sistem dengan penumpang satu orang (168 kg) dan penumpang dua orang (238 kg).pada kondisi ini harus menjadi perhatian pengemudi.

Kata kunci : jarak pengereman, Kbf,Kbr, oversteer,understeer.

resep 2018

Bagikan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*