352: Kualitas Pelayanan Dan Motivasi Dosen Terhadap Kepuasan Mahasiswa Di Universitas Surapati Jakarta

Cover Jurnal Mudira Indure

Kualitas Pelayanan Dan Motivasi Dosen Terhadap Kepuasan Mahasiswa Di Universitas Surapati Jakarta

 

Makmur(1) Bakti Toni Endaryono(2)

Program Studi Manajemen Universitas Surapati
makmurzain@gmail.com
Program Studi Ekonomi Syariah IAI-N Laa Roiba
baktitoni@gmail.com

 

Abstrak

Kepuasan  mahasiswa  menjadi  prioritas  utama  pada  penelitian  ini  karena tingkat  persaingan  yang  semakin  tajam  diantara  perguruan tingggi  di Jakarta. Hal utama agar perguruan tinggi  dapat bertahan, dan bersaing maka  kualitas  pelayanan  harus  diperbaiaki  dan  ditingkatkan.  Perguruan Tinggi harus memperhatikan hal-hal yang dianggap penting oleh para mahasiswanya, agar mahasiswa merasa puas dan tidak beralih ke perguruan tinggi lain.

Jenis penelitian adalah menggunakan metoda survai yang mengambil sampel dari populasi yang menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan data pokok (Singarimbun, 1989 : 3), Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kualitas pelayanan bagian akademik terhadap kepuasan mahasiswa dan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh motivasi dosen terhadap kepuasan mahasiswa.

Dari hasil analisis dapat diketahui variabel kualitas pelayanan mempunyai pengaruh terhadap kepuasan mahasiswa. Hasil dari analisis juga diketahui bahwa motivasi  dosen juga berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa. Kualitas pelayanan, Motivasi Dosen secara bersama-sama berpengaruh langsung terhadap Kepuasan Mahasiswa

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Motivasi dosen, Kepuasan Mahasiswa

9. P Makmur

Bagikan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*